Skip to main content

My

255 Tbps : Kecepatan Jaringan Internet Tercepat di Dunia

internet tercepat

Beberapa gabungan peneliti dari Belanda dan Amerika Serikat telah memecahkan rekor kecepatan jaringan fiber , dan mencapai 255 terabits per detik hanya dengan seuntai fiber optik. Ini sama dengan sekitar 32 terabytes per detik. Cukup untuk mentransfer film HD berukuran 1GB dalam waktu 31.25 microseconds ( 0.03 ms), atau seisi harddsik berukuran 1TB dalam waktu 31ms.


255Tbps itu sangatlah cepat. Bahkan lebih cepat dari ratusan kabel fiber optik yang mencakup samudra atlantik. Faktanya, 255 Tbps sama dengan, atau bahkan lebih dari jumlah seluruh aliran traffic seluruh internet saat puncaknya.

Bagaimana peneliti di Eindhoven University of Technology dan University of Central Florida melakukannya? Dengan Multi-core fiber tentunya. Fiber ini hanya dapat membawa satu mode cahaya, yang maksudnya, berarti alat ini dapat membawa cahaya dari laser tunggal. (Sebenarnya ini lebih rumit daripada itu, sangat sulit untuk dapat menjelaskannya lebih jauh). 

Multi-core, multi-mode fiber – dan skema alat untuk mengirim data dalam fiber ini.
Visualisasi seven-core multi-mode fiber
Multi-core fiber, adalah seuntai fiber optik yang mempunyai banyak inti di dalam nya, yang membuatnya dapat melakukan operasi multi-mode. Sangatlah sulit untuk dapat menciptakan multi-fiber berkualitas tinggi, namun kelihatanya keinginan untuk mendapatkannya telah terwujud. Dalam hal ini peneliti TU/e dan CREOL menggunakan fiber optik dengan 7 buah inti, berbentuk segienam.

Nantinya, multi-mode fiber akan dapat menggantikan bakcbone internet saat ini, tetapi upgrade semacam itu membutuhkan jutaan kilometer kabel multi-core, dan banyak hardware routing untuk menangani koeneksinya. Traffic internet akan terus berkembang, dan pastinya penggunaan internet akan terus betambah. Dengan ini kita akan mempunyai banyak bandwidth untuk mengaksesnya.

Comments

  1. Kalo ini di pasang di rumah gw
    Gw bakalan betah nggak keluar rumah gan :v
    Btw thanks udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga, Tapi makanan gak bisa di donlod :v
      Oke, sama-sama gan

      Delete
  2. Indonesia kapan punya segini gan? :D

    ReplyDelete
  3. wih kalau diindonesia kecepatannya stabil di 1mbps aja dah syukur, gue disini cuma dapet 15kb

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan jangan ragu-ragu untuk berkomentar atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan post ini atau permasalahan komputer lainnya.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Partisi Hard Disk di Windows 8 / 8.1

Partisi hard disk berarti membagi hard disk menjadi beberapa bagian untuk digunakan sebagai penyimpanan data. Dengan melakukan partisi data-data yang ada bisa disimpan dengan rapi. Selain itu, partisi disk juga dilakukan jika ingin melakukan dual boot. Cara membuat partisi hard disk pada windows 8 / 8.1 1. Tekan tombol Winkey + R pada keyboard untuk membuka jendela run. Ketik diskmgmt.msc kemudian tekan enter . Setelah beberapa saat jendela Disk Management akan terbuka. 2. Pada jendela Disk Management pilih disk yang akan dibagi volume nya kemudian klik kanan lalu pilih Shrink Volume . 3. Setelah itu masukkan ukuran yang diinginkan dalam satuan megabytes (MB) . sebagai contoh untuk membuat ukuran 1 GB masukkan 1000 MB. Jika sudah pilih Shrink . 4. Muncul partisi baru dengan status unallocated. Untuk menggunakan partisi tersebut, klik kanan lalu pilih New Simple Volume . 5. Klik Next pada jendela New Simple Volume Wizard. Setela

Ini Perbedaan 32-bit dengan 64-bit

Dua kategori utama dari prosesor adalah 32-bit dan 64-bit . Jenis processor yang dimiliki komputer tidak hanya dapat mempengaruhi peforma secara menyeluruh, tetapi juga bisa mempengaruhi software jenis apakah yang dapat digunakannya.

Apa yang Harus Dilakukan saat Komputer Freeze?

Jika kamu menjalankan sebuah aplikasi, lalu tiba - tiba not responding, atau bahkan freeze / hang  kamu tidak bisa menutup aplikasi itu secara langsung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat komputermu hang . Jika kamu khawatir tentang dokumen penting yang belum kamu simpan, pastikan program yang kamu gunakan mempunyai fitur autosave , sehingga kamu dapat mengembalikan dokumen itu setelah me- reboot / restart komputermu. Next: Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat komputermu Freeze. [next] Tunggu Beberapa Saat Tunggulah. Beri komputer beberapa menit untuk memprosesnya. Terkadang komputer terlihat seperti hang, namun sebenarnya komputer hanya sedang lambat atau sibuk menjalankan task yang rumit dan banyak. Apakah Komputer Mengalami "Deadlock"? Lihat apakah komputer dapat merespon sesuatu dengan menekan tombol Caps Lock di keyboard dan lihat indikator led (cahaya) dapat menyala dan dapat dimatikan. Jika komputer dapat menghidupkan dan mematikan Caps