Skip to main content

My

Membuat Timer Shutdown pada Windows

timer mematikan windows

Mungkin kita akan meninggalkan komputer kita menyala selagi menunggu proses atau pekerjaan yang membutuhkan waktu lama (Misalnya download atau menginstall game). Namun kita hanya menggalkannya begitu saja hingga baterai hampir habis atau benar-benar habis. Tentunya itu sangat boros listrik.

Disini kita akan membahas cara membuat timer shutdown pada Windows agar komputer bisa men- shutdown dengan sendrinya dalam waktu yang kita tentukan.
Baiklah, kita langsung ke cara pertama :
  1. Buka "Run" dengan cara klik windows + R, lalu akan muncul kotak seperti dibawah ini ...
    Kotak run
  2. Ketik kode berikut ini ...

    "shutdown.exe -s -t 600"

    Keterangan : lamanya komputer akan di shutdown dalam satuan detik.
    Dapat diganti sesuai keperluan, misal ingin mematikan komputer dalam waktu 3 jam, ketik 10800.

    Lalu klik OK atau tekan Enter.
    Menandakan komputer akan shutdown dalam waktu 180 menit/ 2 jam.
  3. Jika ingin membatalkan tinggal ketik kode di bawah ini.

    Shutdown.exe -a

Dapat Digunakan Untuk Shortcut


  1. Untuk membuat shortcut, klik kanan pada desktop New > Shortcut

  2. Lalu isi seperti petunjuk sebelumnya


  3. Selanjutnya hanya tinggal memberi nama, juga ikon shortcut dapat diatur seperti ikon shortcut biasa.

Juga Tambahan Beberapa Kode yang Bermanfaat

"Shutdown.exe -s -t [waktu detik]" (mematikan berdasarkan pengaturan waktu)
"Shutdown.exe -r -t [waktu detik]" (merestart komputer)
"Shutdown.exe -s -t 00" (langsung mematikan komputer)

Comments

  1. Nice info. Dulu juga pernah buat yang seperti ini, tapi gak tau cara ngebatalin shutdownnya. Jadinya malah dibikin buat usil-usilan teman sekelas.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang sering jadi bahan usilan nih xD.
      Salam kenal juga :) Thanks for visit.

      Delete

Post a Comment

Silakan jangan ragu-ragu untuk berkomentar atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan post ini atau permasalahan komputer lainnya.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Partisi Hard Disk di Windows 8 / 8.1

Partisi hard disk berarti membagi hard disk menjadi beberapa bagian untuk digunakan sebagai penyimpanan data. Dengan melakukan partisi data-data yang ada bisa disimpan dengan rapi. Selain itu, partisi disk juga dilakukan jika ingin melakukan dual boot. Cara membuat partisi hard disk pada windows 8 / 8.1 1. Tekan tombol Winkey + R pada keyboard untuk membuka jendela run. Ketik diskmgmt.msc kemudian tekan enter . Setelah beberapa saat jendela Disk Management akan terbuka. 2. Pada jendela Disk Management pilih disk yang akan dibagi volume nya kemudian klik kanan lalu pilih Shrink Volume . 3. Setelah itu masukkan ukuran yang diinginkan dalam satuan megabytes (MB) . sebagai contoh untuk membuat ukuran 1 GB masukkan 1000 MB. Jika sudah pilih Shrink . 4. Muncul partisi baru dengan status unallocated. Untuk menggunakan partisi tersebut, klik kanan lalu pilih New Simple Volume . 5. Klik Next pada jendela New Simple Volume Wizard. Setela

Ini Perbedaan 32-bit dengan 64-bit

Dua kategori utama dari prosesor adalah 32-bit dan 64-bit . Jenis processor yang dimiliki komputer tidak hanya dapat mempengaruhi peforma secara menyeluruh, tetapi juga bisa mempengaruhi software jenis apakah yang dapat digunakannya.

Apa yang Harus Dilakukan saat Komputer Freeze?

Jika kamu menjalankan sebuah aplikasi, lalu tiba - tiba not responding, atau bahkan freeze / hang  kamu tidak bisa menutup aplikasi itu secara langsung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat komputermu hang . Jika kamu khawatir tentang dokumen penting yang belum kamu simpan, pastikan program yang kamu gunakan mempunyai fitur autosave , sehingga kamu dapat mengembalikan dokumen itu setelah me- reboot / restart komputermu. Next: Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat komputermu Freeze. [next] Tunggu Beberapa Saat Tunggulah. Beri komputer beberapa menit untuk memprosesnya. Terkadang komputer terlihat seperti hang, namun sebenarnya komputer hanya sedang lambat atau sibuk menjalankan task yang rumit dan banyak. Apakah Komputer Mengalami "Deadlock"? Lihat apakah komputer dapat merespon sesuatu dengan menekan tombol Caps Lock di keyboard dan lihat indikator led (cahaya) dapat menyala dan dapat dimatikan. Jika komputer dapat menghidupkan dan mematikan Caps