Skip to main content

My

Photoshop : Keyboard Shortcut yang Berguna

keyboard shortcut photoshop, ps

Menggunakan bermacam-macam tool Photoshop, sebenarnya sudah dipermudah dengan adanya fitur Tool Bar di Samping kiri Lembar kerja, dan juga Menu bar, kita juga bisa menggeser dan merubah letak Tool Bar agar lebih mudah digunakan sesuai keinginan. Namun, karena terlalu banyaknya fitur yang ada, kita mungkin kesusahan menggunakannya.

Di dalam Photoshop terdapat fitur Keyboard Shorcut. Dimana kita bisa menggunakan tool dengan menekan tombol keyboard atau kombinasi tombol keyboard. Hal ini sangat membantu bagi para pengguna Photoshop yang akan mengedit foto atau mengerjakan pekerjaan lainnya yang ingin menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Walau beberapa orang mengatakan tak ada bedanya menggunakan tool bar atau menggunakan Keyboard Shortcut, tetapi ini sebenarnya sangat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.


SHORTCUT KEYBOARD

Inilah shorcut keyboard yang dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
  1. Spasi - Hand tool sementara
    Dengan menahan tombol spasi, akan mengaktifkan Hand tool agar dapat memindah objek dengan cepat
  2. F - Mengganti mode lembar kerja.
    Mengubah beberapa jenis mode layar. contohnya mode fullscreen agar tidak ada gangguan diluar lembar kerja. Sangat disarankan menghafal shorcut yang dubutuhkan, karena fitur ini akan menyembunyikan semua interface pada Photoshop.
  3. X - Mengubah warna.
    Mengubah antara warna background dan foreground. Sehingga lebih cepat memberi dua warna berbeda pada suatu objek.
  4. D - Warna Default.
    Merubah ulang warna backround menjadi hitam dan foreground menjadi putih.
  5. Alt + Scroll mouse - zoom.
    Melakukan zoom in / out. Cara ini merupakan cara tercepat untuk melakukan zoom in/ out.
  6. Ctrl + Alt + Z - Undo.
    Mengulang tindakan yang baru saja dilakukan dengan batasan tertentu. Jika kita tiba - tiba melakukan kesalahan shortcut ini sangat berguna. Sama seperti Ctrl + Z namun shortcut ini hanya sebatas 1 tindakan.
  7. Ctrl + Shift + Z - Redo
    Memunculkan kembali tindakan yang telah di Undo.
  8. Ctrl + S - Save
    Menyimpan perubahan pada pekerjaan. Sering - seringlah menge-save pekerjaan ketika telah melakukan banyak perubahan, untuk berjaga - jaga saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti 'Not Responding', 'crash', atau komputer tiba - tiba mati. Dan gunakan Ctrl + Shift + S (Save as) untuk menyimpan file dengan bentuk/nama lain.
  9. Ctrl + J - Duplikat layer
    Membuat layer baru dengan menyalin layer yang dipilih. 
  10. Ctrl + I - Invert Seleksi
    Meng-select kesebalikan dari yang telah di-select, atau meng-select di luar area yang ter-select.
  11. Ctrl + D - Deselect
    Untuk menghilangkan tanda seleksi yang telah dibuat.
  12. Ctrl + A - Select all
    Untuk membuat daerah seleksi ke seluruh lembar kerja.
  13. Caps Lock - Mengganti cross hairs
    Merubah bentuk icon tool standar menjadi cross hairmode precision. Untuk meningkatkan ketepatan saat menggunakan tool, contohnya selection tool.
  14. Ctrl + Alt + Del - Kill process Photoshop
    Berguna saat kita ingin menutup Photoshop, tetapi karena menggunakan banyak resource membuat proses menutup sangat lama. Tapi, diharuskan melakukan Ctrl + S atau menge- save pekerjaan kita terlebih dahulu karena Photoshop tidak melakukan save secara otomatis.
Inilah beberapa shortcut keyboard dari sekian banyak keyboard shortcut yang dapat saya tuliskan. Mudah-mudahan ini semua dapat membantu pekerjaanmu menjadi lebih mudah dan cepat.
Jika kamu mempunyai beberapa shorcut favoritmu atau ingin menyampaikan pendapat dan usulan, jangan takut untuk menyampaikannya dalam kotak komentar. Semua pendapat dan pikranmu saya hargai. Terimakasih mau membaca :)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Partisi Hard Disk di Windows 8 / 8.1

Partisi hard disk berarti membagi hard disk menjadi beberapa bagian untuk digunakan sebagai penyimpanan data. Dengan melakukan partisi data-data yang ada bisa disimpan dengan rapi. Selain itu, partisi disk juga dilakukan jika ingin melakukan dual boot. Cara membuat partisi hard disk pada windows 8 / 8.1 1. Tekan tombol Winkey + R pada keyboard untuk membuka jendela run. Ketik diskmgmt.msc kemudian tekan enter . Setelah beberapa saat jendela Disk Management akan terbuka. 2. Pada jendela Disk Management pilih disk yang akan dibagi volume nya kemudian klik kanan lalu pilih Shrink Volume . 3. Setelah itu masukkan ukuran yang diinginkan dalam satuan megabytes (MB) . sebagai contoh untuk membuat ukuran 1 GB masukkan 1000 MB. Jika sudah pilih Shrink . 4. Muncul partisi baru dengan status unallocated. Untuk menggunakan partisi tersebut, klik kanan lalu pilih New Simple Volume . 5. Klik Next pada jendela New Simple Volume Wizard. Setela

Ini Perbedaan 32-bit dengan 64-bit

Dua kategori utama dari prosesor adalah 32-bit dan 64-bit . Jenis processor yang dimiliki komputer tidak hanya dapat mempengaruhi peforma secara menyeluruh, tetapi juga bisa mempengaruhi software jenis apakah yang dapat digunakannya.

Apa yang Harus Dilakukan saat Komputer Freeze?

Jika kamu menjalankan sebuah aplikasi, lalu tiba - tiba not responding, atau bahkan freeze / hang  kamu tidak bisa menutup aplikasi itu secara langsung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat komputermu hang . Jika kamu khawatir tentang dokumen penting yang belum kamu simpan, pastikan program yang kamu gunakan mempunyai fitur autosave , sehingga kamu dapat mengembalikan dokumen itu setelah me- reboot / restart komputermu. Next: Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat komputermu Freeze. [next] Tunggu Beberapa Saat Tunggulah. Beri komputer beberapa menit untuk memprosesnya. Terkadang komputer terlihat seperti hang, namun sebenarnya komputer hanya sedang lambat atau sibuk menjalankan task yang rumit dan banyak. Apakah Komputer Mengalami "Deadlock"? Lihat apakah komputer dapat merespon sesuatu dengan menekan tombol Caps Lock di keyboard dan lihat indikator led (cahaya) dapat menyala dan dapat dimatikan. Jika komputer dapat menghidupkan dan mematikan Caps