Skip to main content

My

Cara Gampang Masuk ke Safe Mode di Windows 7, 8, 8.1 dan 10

Cara Gampang Masuk ke Safe Mode di Windows 7, 8, 8.1 dan 10
Salahsatu tahap paling sering dilakukan saat ada masalah pada komputermu yaitu dengan boot (masuk) ke dalam safe mode. Pada dasarnya, masuk ke safe mode berarti hanya file dan driver yang penting saja yang dimasukkan. Awalnya, untuk bisa masuk ke safe mode ini, kamu harus menekan tombol F8, namun mulai pada Windows 8 hingga Windows 10, terdapat fitur Automatic Repair Mode.

Next: beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke Safe Mode.
[next]

Windows 7, 8, 8.1, dan 10

Menggunakan Run

1. Tekan tombol Windows + R.
2. Ketik "msconfig" di kotak run.

3. Pilih tab Boot.
4. Centang kotak Safe Boot lalu klik Apply.

  • [message]
    • Catatan
      • Jika kamu butuh internet, jangan lupa pilih network. Jika tidak, cukup pilih minimal saja.
5. Lalu pilih Restart 

  • [message]
    • Perlu diingat
      • jika kamu sudah selesai menggunakan Safe Mode, kamu harus kembali lagi ke msconfig dan hilangkan tanda centang pada Safe Boot.
Next: Windows 8, 8.1, dan 10
[next]

Windows 8, 8.1, dan 10

Menggunakan Tombol Restart

1. Pada saat kamu memasuki layar sign-in, klik-lalu tahan tombol shift sambil memilih Power > Restart.

2. Setelah komputer me-restart, akan muncul bebeapa pilihan di layarmu, pilih troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.
3. Setelah komputermu restart lagi, kamu akan melihat beberapa daftar pilihan.
4. Untuk masuk ke safe mode tekan tombol F4 atau angka 4. Dan jika kamu perlu koneksi internet pilih F5 atau angka 5.

Next: Jika tidak dapat masuk Windows
[next]

Jika Tidak Dapat Masuk Windows ...

Nah, cara ini biasanya sering digunakan jika kamu memiliki masalah yang cukup parah hingga kamu tidak dapat masuk ke Windows, atau bahkan kamu dapat masuk Windows tetapi tidak dapat melakukan apapun. Langkahnya:

Menggunakan tombol F8 (Windows 7)

1. Nyalakan Komputermu.
2. Saat masih dalam keadaan booting (umumnya layar masih hitam) tekan F8 berulang kali, hingga muncul Choose Advanced Options.
3. Gunakan tombol panah untuk memilih pilihan Safe Mode.

Menggunakan Tombol Shift + F8 (Windows 8, 8.1, dan 10)

1. Nyalakan Komputermu.
2. Saat masih dalam keadaan booting (umumnya layar masih hitam) tekan dan tahan Shift sambil menekan F8 berulang kali hingga muncul pilihan recovery.
3. Klik See Advanced Repair Options troubleshoot Advanced options Startup Settings Restart


  • [message]
    • Catatan
      • Cara ini tidak dapat dilakukan jika kamu menginstall windows di dalam SSD.
[next]
Ini dia beberapa cara untuk bisa masuk ke mode penyelamat "safe mode". Dengan masuk di mode ini, kamu bisa melakukan beberapa hal yang mungkin bisa mengatasi masalah komputermu. Jika kamu mau tahu apa saja yang dapat kamu lakukan dalam Safe Mode, silakan baca artikel ini : Cara memperbaiki segalam masalah komputer dengan Safe Mode. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan jangan ragu untuk bertanya

Safe Mode : Cara Terbaik Menyelesaikan Masalah Komputer

Seperti pertolongan pertama untuk segala masalah komputer 

Comments

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/g-sea-jelly-gamat-emas-rasa-jeruk/

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan jangan ragu-ragu untuk berkomentar atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan post ini atau permasalahan komputer lainnya.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Partisi Hard Disk di Windows 8 / 8.1

Partisi hard disk berarti membagi hard disk menjadi beberapa bagian untuk digunakan sebagai penyimpanan data. Dengan melakukan partisi data-data yang ada bisa disimpan dengan rapi. Selain itu, partisi disk juga dilakukan jika ingin melakukan dual boot. Cara membuat partisi hard disk pada windows 8 / 8.1 1. Tekan tombol Winkey + R pada keyboard untuk membuka jendela run. Ketik diskmgmt.msc kemudian tekan enter . Setelah beberapa saat jendela Disk Management akan terbuka. 2. Pada jendela Disk Management pilih disk yang akan dibagi volume nya kemudian klik kanan lalu pilih Shrink Volume . 3. Setelah itu masukkan ukuran yang diinginkan dalam satuan megabytes (MB) . sebagai contoh untuk membuat ukuran 1 GB masukkan 1000 MB. Jika sudah pilih Shrink . 4. Muncul partisi baru dengan status unallocated. Untuk menggunakan partisi tersebut, klik kanan lalu pilih New Simple Volume . 5. Klik Next pada jendela New Simple Volume Wizard. Setela

Ini Perbedaan 32-bit dengan 64-bit

Dua kategori utama dari prosesor adalah 32-bit dan 64-bit . Jenis processor yang dimiliki komputer tidak hanya dapat mempengaruhi peforma secara menyeluruh, tetapi juga bisa mempengaruhi software jenis apakah yang dapat digunakannya.

Apa yang Harus Dilakukan saat Komputer Freeze?

Jika kamu menjalankan sebuah aplikasi, lalu tiba - tiba not responding, atau bahkan freeze / hang  kamu tidak bisa menutup aplikasi itu secara langsung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat komputermu hang . Jika kamu khawatir tentang dokumen penting yang belum kamu simpan, pastikan program yang kamu gunakan mempunyai fitur autosave , sehingga kamu dapat mengembalikan dokumen itu setelah me- reboot / restart komputermu. Next: Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat komputermu Freeze. [next] Tunggu Beberapa Saat Tunggulah. Beri komputer beberapa menit untuk memprosesnya. Terkadang komputer terlihat seperti hang, namun sebenarnya komputer hanya sedang lambat atau sibuk menjalankan task yang rumit dan banyak. Apakah Komputer Mengalami "Deadlock"? Lihat apakah komputer dapat merespon sesuatu dengan menekan tombol Caps Lock di keyboard dan lihat indikator led (cahaya) dapat menyala dan dapat dimatikan. Jika komputer dapat menghidupkan dan mematikan Caps